Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Selain kota Medan, Palembang menjadi kota terbesar di Pulau Sumatera. Bicara tentang kota Palembang, tentunya tidak hanya identik dengan jembatan Ampera, namun juga terkenal dengan kuliner nya yaitu Pempek. Pempek merupakan makanan khas kota Palembang yang terbuat dari daging ikan dan tepung kanji.

Baca juga : Asyiknya Makan Di Gokana Lebak Bulus

Namun perlu untuk diketahui, jika berbicara soal kuliner khas kota Palembang bukan hanya pempek. Ada banyak ragam kuliner khas Kota Palembang lainnya yang tidak kalah populer, antara lain :

Mie Celor

Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Kuliner ini tidak jauh berbeda dengan salah satu kuliner dari kota Aceh, yaitu mie Aceh. Mie Celor adalah sajian mie yang disajikan bersama dengan kuah kental di campur dengan kaldu udang.

Mie Celor berisikan tauge yang segar, bawang goreng, dan telor. Soal rasa, Mie Celor sangat gurih serta menggugah selera sehingga menjadi salah satu kuliner favorit masyarakat Palembang. Meskipun nampak makanan berat, Mie Celor bisa dikonsumsi sebagai menu sarapan.

Brengkes Tempoyak

Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Brengkes Tempoyak merupakan makanan tradisional Palembang yang berbahan dasar ikan patin. Dari namanya Brengkes yang artinya pepesan dan Tempoyak adalah sejenis makanan dengan bahan berupa durian dengan campuran garam.

Hal yang menarik dari kuliner ini adalah campuran bumbu yang berasal dari fermentasi durian sehingga menciptakan rasa yang unik. Fermentasi ini nantinya akan menciptakan perpaduan rasa, mulai dari rasa manis sebagai rasa aslinya, rasa asam dari hasil fermentasi dan rasa pedas gurih.

T e k w a n

Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Tidak kalah dengan pempek maupun brengkes tempoyak kuliner yang satu ini juga sangat enak yaitu tekwan. Bahan utama membuat Tekwan mirip dengan cara membuatĀ  pempek, hanya perbedaannya pada ukurannya yang lebih kecil yaitu kira-kira sebesar bakso.

Tekwan disajikan bersama kuah kaldu udang yang gurih dengan tambahan daun seledri, bawang goreng, daun bawang, potongan bengkoang dan jamur kuping.

L a k s o

Kuliner Khas Palembang Selain Pempek

Nama Lakso sudah cukup dikenal di masyarakat Palembang. Selain karena menjadi makanan yang tidak ada di daerah lain, Lakso memiliki bentuk unik dengan rasa yang enak.

Lakso terbuat dari tepung sagu dan tepung beras dan dibentuk seperti mie berwarna putih. Biasanya, mie tersebut akan dimakan dengan kuah santan yang menggunakan kaldu ikan dan tambahan ikan gabus yang kaya dengan protein.

M a l b i

Satu lagi kuliner khas Palembang, yakni Malbi. Malbi kaya akan rempah-rempah dengan dasar utamanya berupa daging sapi. Sekilas, Malbi mirip seperti semur daging, namun bumbu nya lebih beragam, seperti lada, pala dan air asam jawa.

Biasanya, Malbi dimakan bersama dengan nasi putih hangat atau lontong dan ketupat. Rasanya begitu enak dan lezat. Malbi biasanya dihidangkan pada hari-hari besar seperti Idul Fitri dan khususnya Idul Adha.

Berbagai macan jenis makanan khas Palembang selain pempek tersebut di atasĀ  adalah termasuk makanan yang favorit untuk dikonsumsi khususnya bagi para traveler.

Sumber artikel : mancode.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *